GUS MUS : BANYAK YANG PAMER KEBODOHAN KARENA GAK MAU NGAJI

Radar Nusantara

Saat ini banyak orang yg suka kaget dgn hal2 dikira baru. Contohnya adalah ada Islam Nusantara. Langsung kaget dan geger. Ini jelas tanda orang yg tidak mau ngaji dan pamer kebodohan.

Demikian ditegaskan Mustasyar PBNU KH A Mustofa Bisri dalam acara Haflah Khatmil Qur’an dan Haul Simbah Nyai Hj. Salimah Munawwir ke-51 dan Simbah KH. Dalhar Munawwir ke-9 di Pondok Pesantren Al-Munawwir Kompleks Nurussalam, Krapyak, Yogyakarta, Sabtu (20/10/2018).

“Ada Islam Nusantara kaget. Geger. Itu mesti gak pernah ngaji. Ngaji ilmu balaghoh. Apa itu makna idhofah? Ya pasti kaget, gak ngerti, karena gak ngaji di pondok. Bisa jadi nanti ada yg kaget karena bayar sama dokter, karena yg membuat sehat manusia itu Allah. Bisa jadi nanti ada yg mengucapkan terima kasih sama orang lain juga dilarang, karena yg memberi semuanya itu Allah SWT,” tegas Gus Mus.

BACA JUGA : JAGA DIRI agar IMUNITAS tubuh kita TINGGI

Saat ini, kata Gus Mus, banyak yg pamer kebodohan karena gak mau ngaji, apalagi terkait juga dgn ilmu al-Quran. Semangat berkobar2 dalam agama, tapi malah gak mau ngaji. Mestinya semangat itu harus diikuti dengan pendalaman ajaran agama. Al-Quran itu tidak bisa diterjemahkan, apalagi lalu ada terjemahannya untuk fatwa.

“Kembali kepada al-Quran dan Sunnah, ya ngaji itu. Karena ada al-Quran lalu lahir banyak ilmu, ada ilmu nahwu, shorof, balaghoh, asbabun nuzul, dan lainnya. Orang Islam harus punya semangat tholabul ilmi (mencari ilmu), bukan semangat fatwa. Kemudian juga semangat dakwah,” lanjut Gus Mus.

Akhir2 ini, lanjut Gus Mus, mereka yg mengaku ustadz kemudian mempunyai banyak pengikut. Mereka yg ngaku ustadz ini tidak mau ngaji lagi. Di sisi lain, mereka mempunyai pengikut yg tidak sedikit.

BACA JUGA : BERDUKALAH dengan yang manis

“Dalam al-Quran sudah dijelaskan, bahwa di atas orang yg pandai ada yg lebih pandai lagi. Sebaliknya, di bawah orang bodoh, ya ada orang yg lebih bodoh lagi. Lha, makanya mereka ini juga mempunyai pengikut yg banyak. Jadi, jangan kaget kalau ada orang bodoh ya banyak pengikutnya,” tegas Gus Mus.