HANYA DALAM 10 TAHUN SAJA 61 Bendungan pun dibangun

Radar Nusantara

Ah masyarakat kan tak makan infrastruktur. La siapa juga yang minta para kaum sumbu pendek itu pada makan infrastruktur? Makan jatah bansos saja yang bisa membuat tersenyum dan dinikmati diam-diam.

Ah itu kan dari hasil utang yang menggunung. La ngapain juga jadi pada repot percaya dengan para ekonom oposan yang pada dasarnya sudah dengki kronis? Mereka pikir utangnya itu ke nenek mereka, atau yang harus bayar kakek mereka? Utang itu sudah ada yang ngurus. Jadi hasilnya tinggal menikmati.

Semakin banyak bendungan yang dibangun, tentu semakin banyak pula harapan akan berbagai perubahan, karena kemanfaatannya sangat banyak untuk nilai tambah daerah yang dibangun, yang ujung-ujungnya bermuara pada peningkatan perekonomian dalam jangka panjang yang dapat diwariskan untuk cucu cicit kelak. Bukan hanya untuk hari ini saja.

BACA JUGA : Studi Terbaru: Vaksin COVID-19 Efektif Mencegah Perawatan dan Kematian

Sederhananya begini..

  1. Untuk ketahanan pangan. Bendungan itu akan berfungsi sebagai pusat pengelolaan air untuk pertanian, lewat irigasi yang dibuat menjadi lebih distributif. Artinya, layanan air untuk pertanian jadi lebih baik, lancar, dan bisa menjangkau daerah-daerah yang sebelumnya sulit mendapatkan air. Sehingga hasil pertanian akan terus meningkat.
  2. Untuk cadangan listrik. Dengan bendungan itu jelas bisa sekaligus membangun PLTA atau Pembangkit Listrik Tenaga Air, dimana yang diandalkan adalah energi potensial dan kinetik dari air untuk menghasilkan energi listrik. Dengan begitu, daerah yang dibangun tidak lagi khawatir akan listrik, selain juga membuka lapangan kerja baru untuk PLTA.
  3. Untuk perikanan. Dari bendungan yang ukurannya cukup besar, tentu saja memiliki potensi yang besar untuk budidaya ikan bagi warga yang pada gilirannya nanti, bukan saja ikut menyumbang perekonomian dan ketahanan pangan daerah, juga terkait dengan kesehatan warga akan gizi lewat ikan.
  4. Untuk pariwisata. Di era kekinian, bendungan dibangun harus multi fungsi. Salah satunya sekaligus menjadi tujuan wisata. Itu sebabnya mengapa semua bendungan dibangun dengan cara yang khas dan harus cantik, karena agar menumbuhkan daya tarik pengunjung. Dengan demikian, ekonomi pun meningkat, selain tentunya lagi-lagi lapangan kerja baru.

Dengan begitu sudah jelas bahwa bendungan yang baru terwujud dibangun sebanyak ini memiliki tujuan jangka panjang, bukan semata pergerakan ekonomi, namun ketersediaan fasilitas, serta kemajuan daerah.

1 thought on “HANYA DALAM 10 TAHUN SAJA 61 Bendungan pun dibangun