Membangun Kemandirian Rakyat dalam Olahraga

Radar Nusantara
Kegiatan Pembuatan Lapang Voli Secara Sukarela oleh Kaum Muda di Garut Selatan

Untuk menjadi bangsa yang unggul kuncinya adalah kemandirian dalam segala aspek kehidupan sehari-hari baik dalam seni, budaya, adat-istiadat maupun olahraga. Hal itulah yang menjadi pemikiran dan kesepakatn bersama kaum muda di sebuah Kampung di Garut Selatan untuk membangun kemandirian desanya melalui pengembangan sarana olahraga berbasis inisiatif warga.

Baca Juga : Keunikan Wisata Pantai Santolo Garut Selatan

Berawal dari kegemaran dari beberapa kaum muda di Garut selatan akan olahraga bola voli memacu semangat untuk membuat sebuah lapangan yang dapat menyalurkan hobi olahraga voli. Walaupun mereka tidak memiliki lapangan tetapi dengan tekad yang kuat dan niat yang lurus mereka bersama-sama bergerak merencanakan untuk membuat lapang voli sementara yang bisa digunakan untuk latihan.

Baca Juga : Dinas Sosial Garut Monitoring Penyaluran Bansos

Akhirnya mereka membuat lapang voli dengan meminjam tanah warga untuk dijadikan sementara lapangan. Tanah yang awalnya berupa ladang secara swadaya oleh kaum dengan muda bahu-membahu mebersihkan rumput dan menggali bagian tanah tertentu agar rata yang kemudian akan dijadikan lapangan.

Inisiatif dan semangat kaum muda ini tentu harus kita apresiasi sebagai sebuah upaya kaum muda membangun kemandirian daerahnya. Inisiatif dan ide untuk mandiri dengan tidak bergantung pada pihak lain harus terus digelorakan keseluruh lapisan masyarakat Indonesia agar segera terwujud kedaulatan sejati masyarakat.

One thought on “Membangun Kemandirian Rakyat dalam Olahraga