Semoga Rakerwil PWO Jawa Tengah Mampu Merumuskan Paradigma Terbaru Untuk Media Online Indonesia

Radar Nusantara

Saya senang dan mendukung segenap upaya kawan-kwan Jurnalis untuk meningkatkan kesejahteraan hidup dalam arti luas, tidak cuma sebatas ekonomi semata, tetapi juga hendaknya meliputi politik, sosial dan budaya dalam berkehidupan yang lebih manusiawi dan beradab.

Kecuali itu, pada era milineal sekarang ini kaum jurnalis tidak hanya cukup memiliki kemampuan kerja profesianal, tetapi juga mempu mengembangkan diri seirama dengan kemajuan jaman yang tak terealakkan memiliki beragam tantangan dan hambatan yang baru.

BACA JUGA : Permendikbud Yang Meresahkan, Karena Dianggap Akan Melegalkan Perzinahan

Namun yang tidak kalah tenting pula adalah tantangan dunia pers khususnya media online yang kini menjadi perimadona banyak orang dari berbagai kalangan, hendaknya dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk ikut mencerdaskan kehidupan berbangsa dan bernegara. Karena keberadaan media maenstrim yang pernah berjaya pada sepuluh tahunan ke belekang, kini mengalami masa keruntuhan, tidak lagi menjadi andalan maupun ketergantungan masyarakat untuk memperoleh dan mengakses berbagai informasi – bahkan komunikasi – tentang banyak hal yang diperlukan untuk menunjang aktivitas dan kegiatan serta pekerjaan sehari-hari.
Rapat Kerja Wilayah (Rakorwil) Perkumpulan Wartawan Online ( PWO) Jawa Tengah saya dengar akan segera dilaksanakan di Kota Pekalongan. Semoga tempat pelaksanaannya yang cukup strategis itu dapat mempermudahn dan menjadi semangat kehadiran semua wartawan online se Jawa Tengah untuk merumuskan program kerja dan Langkah-langkah strategis dalam kebersamaan – bukan individual – dalam menghadapi dan mengatasi masalah kerja profesi untuk dapat lebih baik dan menyenangkan guna ditekuni sebagai pekerjaan yang terhormat dan bermartabat untuk ikut mencerdaskan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Untuk itulah saya mengharap kawan-kawan Jurnalis Online se Jawa dapat bersatu dan kompak sehingga dapat menjadi contoh dan tauladan bagi kawan-kawan se profesi lainnya Bersatu dalam satu wadah yang rukun dan guyub dalam menghadapi masalah secara Bersama. Sebab hanya dengan begitu –tradisi gotong royong, saling membantu dengan kawan yang lain – suasana kerja yang kondusif dan harmoni pasti akan tercipta dengan sendirinya.

BACA JUGA : PERUBAHAN

Agaknya, itulah essensi dari perlunya Rakerwil Perkumpulan Wartawan Online se Jawa Tengah sehingga suasana kerja dan kesejahteraan dalam menekuni profesi jurnalis dapat semakin menyenangkan dan terus ditekuni dengan sesungguh hati sebagai panggilan kerja profesi yang tidak lebih mengutamakan hasilnya secara dalam bentuk materi, namunlebih mengutamakan idealisme kerja profesi demi dan untuk orang banyak.

Lewat media Online juga saya membaca pernyataan Hadi Lempi selaku Ketua Panitia Rakerwil dan Deklarasi PWO Pekalongan membenarkan bahwa kegiatan Rakerwil ini sebagai tindaklanjut dari putusan Rakor Para Ketua PWO Kabupaten/Kota se Jawa Tengah yang diselenggarakan di Jepara beberapa waktu sebelumnya.
Jadi, Rakerwil PWO ini merupakan tindaklanjut dari putusan Bersama di Jepara untuk memantapkan eksistensi PWO di Jawa Tengah, karena isu-isu PWO semakin gencar disuarakan ole pihak-pihak lain yang harus dijawab secara bijak dan konstitusional. Maka atas dasar itu pula saya berharap PWO Jawa Tengah dapat meningkatkan eksistensinya dengan memiliki legal standing setara dengan organisasi buruh yang memiliki hak dan wewenang untuk mendamping, membela bahkan dapat beracara di pengadilan umum maupun pengadilan hubungan industrial yang ada.

Banten, 20 November 2021

Ridwan Onchy

Kma Dan Radar Nusantara

https://www.kmastore.id