Visi Indonesia 2045

Radar Nusantara

Negara Kesatuan Republik Indonesia telah mengalami sejarah panjang mulai dari masa perjuangan, hingga memproklamasikan kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945 oleh Soekarno – Hatta, untuk mewujudkan NKRI yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur.

Perjuangan mempertahankan kemerdekaan pun terus berlanjut saat menghadapi agresi dari penjajah atau pergolakan separatis dari daerah yang ingin memisahkan diri. Indonesia juga juga berpartisipasi secara internasional seperti dalam penyelenggaraan Konferensi Asia Afrika, serta pembentukan Gerakan Non Blok.

BACA JUGA : Gaduh Sertifikasi Pers. IMO-Indonesia ; Saatnya Harmonisasi Regulasi

Untuk mempercepat perwujudan Visi NKRI, disusunlah Visi Indonesia Tahun 2045 dengan empat landasan/pilar yaitu (1) Pembangunan Manusia dan Penguasaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK); (2) Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan; (3) Pemerataan Pembangunan; dan (4) Pemantapan Ketahanan Nasional/ Tata Kelola Kepemerintahan. Keempat pilar tersebut dibangun dengan landasan Pancasila dan UUD 1945 sebagai dasar berbangsa bernegara dan konsistusi.

Pilar Pertama yaitu Pembangunan Manusia dan Penguasaan IPTEK. Kualitas manusia di Indonesia meningkat dengan pendidikan semakin tinggi dan merata, kebudayaan yang kuat, derajat kesehatan, usia harapan hidup, dan kualitas hidup yang semakin baik, produktivitas yang tinggi, serta kemampuan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi yang luas.

Pilar Kedua yaitu Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan. Indonesia menjadi negara maju dan merupakan salah satu negara dengan ekonomi terbesar dunia yang digerakkan oleh investasi dan perdagangan, industri, pariwisata, maritim, dan jasa, serta ditopang oleh infrastruktur yang andal dan memiliki ketahanan pangan, energi, dan air yang kuat.

BACA JUGA : Bedanya Jepang dengan Indonesia

Pilar Ketiga yaitu Pemerataan Pembangunan. Pembangunan di Indonesia yang inklusif sehingga pendapatan semakin merata bagi seluruh masyarakat, kesenjangan antarwilayah yang mengecil, infrastruktur yang terintegrasi dan merata, serta kemiskinan akut berhasil dientaskan.

Pilar Keempat yaitu Pemantapan Ketahanan Nasional dan Tata Kelola Kepemerintahan. Ketahanan Nasional dan Tata Kelola Kepemerintahan semakin kokoh dengan kualitas demokrasi yang semakin baik, reformasi kelembagaan dan birokrasi, pembangunan sistem hukum nasional dan antikorupsi, pelaksanaan politik luar negeri yang bebas aktif, serta kemampuan pertahanan dan keamanan yang tinggi.

BACA JUGA : JAGA DIRI agar IMUNITAS tubuh kita TINGGI

[metaslider id=1886 cssclass=””]

Minggu, 8 Agustus 2021
Tim Komunikasi Publik
Kementerian PPN/Bappenas

Radar Nusantara

Informasi cepat, Akurat, Situs jual beli

https://www.radarnusantara.id